Jam

Sabtu, 30 Juni 2012

CONTOH PROPOSAL PENULISAN ILMIAH TENTANG SISTEM KEAMANAN RUMAH BERBASIS ATMEGA 8535


BAB 1
PENDAHULUAN
        
1.1                     Latar Belakang
Pada saat ini, ada sebuah permasalahan yang cukup merepotkan. Permasalahan tersebut adalah semakin tingginya tingkat kriminalitas di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, dll. Dimana sering terjadi kasus pencurian di rumah-rumah ataupun toko-toko yang banyak memiliki barang berharga didalamnya. Bagaimana caranya untuk mengatasi agar angka kriminalitas dan kasus pencurian tersebut tidak semakin meningkat. Memang bisa dilakukan secara manual melalui jasa petugas keamanan. Tetapi pengawasan seperti ini tentunya kurang efektif bila kondisi rumah atau toko cukup besar. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat melakukan pengawasan secara otomatis sekaligus tidak memerlukan biaya yang besar dalam proses kerja sistem tersebut. Sensor keamanan rumah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 


1.2           Batasan Masalah
              Pembahasan pada makalah ini akan membahas seputar cara kerja, analisa rangkaian baik secara blok diagram maupun secara lebih spesifik. Makalah ini akan membahas tentang bagaimana alat ini bekerja sebagai aplikasi untuk melindung rumah dan ruangan dari pencuri. Sistem pengaman rumah ini didukung oleh sensor fotodioda sebanyak dua buah, sebuah mikrokontroller ATMega 8535, dan Buzzer. Sistem pengaman ini tidak dapat mendeteksi keberadaan seseorang dengan waktu yang bersamaan, melainkan akan mendeteksi pencuri sesuai dengan sensor yang aktif dan dilewati yang dipasang pada setiap pintu.

1.3           Tujuan Penulisan
Dibuatnya penulisan makalah ini bertujuan untuk :

1.      Menyelesaikan Syarat Penulisan Ilmiah
2.      Membahas salah satu solusi dari masalah kriminalitas yang sering terjadi di kota-kota besar.
3.      Membahas salah satu pengaplikasian fungsi mikrokontroler dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Untuk menyelesaikan permasalahan dalam pengawasan rumah atau toko-toko agar tetap aman.
5.      Untuk menampilkan salah satu cara menggunakan sensor infrared dan photo dioda.

1.4           Metode Penulisan

Metode yang digunakan oleh penulis dalam membuat penulisan ilmiah adalah :

1.4.1               Studi Pustaka
Penulis mengambil teori-teori pendukung dari berbagai sumber yang termasuk dalam sumber tertulis. Sumber-sumber tertulis tersebut bisa berupa buku, artikel majalah, atau media elektronik seperti internet.

1.5           Sistematika Penulisan

Agar penulisan ini terlihat sistematis maka penulis menyusunnya menjadi 4 ( empat ) bab, sebagai berikut :

BAB 1. Pendahuluan, berisi latar belakang, tujuan penulisan, batasan masalah, dan metode penulisan.
BAB  2. Landasan Teori, diambil dari sumber-sumber tertentu seperti buku dan pustaka elektronik yang berisi tentang penjelasan teoritis dari mikrokontroler yang digunakan yaitu ATMega 8535.
BAB 3. Analisa Rangkaian, Analisa hardware berisi blok diagram dan penjelasannya, analisa software yang berisi algoritma, flowchart, program, dan analisa secara detail.
BAB 4. Cara Kerja Alat, penjelasan langkah-langkah pengoperasian alat, aplikasi mikrokontroler dalam kehidupan nyata dan cara kerjanya.
           BAB 5. Penutup, berisi kesimpulan dan saran.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar